Curug Aleh

Curug Aleh, Air Terjun Tersembunyi di Perbatasan Kota Bandung

Penulis: Heri Setiawan

Kota Bandung dikenal sebagai salah satu pusat wisata di Indonesia. Beragam destinasi wisata bisa dikunjungi oleh wisatawan. Mulai wisata belanja, wisata kuliner, wisata museum, hingga berbagai potensi wisata alamnya.

Walaupun tidak sebanyak di daerahnya lainnya Kota Bandung juga memiliki potensi wisata alam yang bisa terus dikembangkan. Salah satunya ialah potensi wisata air terjun atau curug. Salah satunya ialah Curug Aleh yang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Curug Aleh berada di perbatasan antara Kota Bandung dengan kabupaten Bandung tepatnya di Desa Sarijadi, Kecamatan Sukasari, Kotamadya Kota Bandung, Jawa Barat. Curug Aleh memiliki ketinggian sekitar 7-10 m dengan kedalaman sungainya bekisar 70-100 cm.

Curug Aleh

Air terjun ini berhulu dari kaki Gunung Tangkuban Parahu di Lembang dan mengalir membentuk aliran sungai Cibeureum.Untuk bisa melihat atau berkunjung ke Curug Aleh, wisatawan bisa masuk melalui kawasan NuArt Sculputure Park milik perupa Nyoman Nuarta.

Wisatawan bisa melihat Curug Aleh dari restoran dan cafe NuArt Sculputure Park atau bisa melewati workshop bengkel pembuatan patung raksasa Garuda Wisnu Kencana yang sekarang berdiri dengan megahnya di Pulau Dewata Bali.

Salah satu pesona dari Curug Aleh ini ialah debit airnya yang turun terlihat sangat menawan dan kawasan disekitarnya terkesan rimbun dan hijau. Tempatnya yang tersembunyi dan jarang diketahui menjadi salah satu daya tarik lainnya  yang cocok untuk dijadikan spot koleksi foto di media sosial.

Bagi masyarakat sekitar Curug Aleh juga dikenal sebagai tempat penuh mistis lho. Konon kabarnya tempat ini dulunya kerap dijadikan arena ajang ngalap ilmu. Tidak disarankan berkunjung saat hujan datang, karena debit airnya akan besar dan berlimpah serta sangat berbahaya untuk keselamatan wisatawan.

Baca Juga :  Berburu Kuliner Murah di Teras Braga, Wajib Dicoba

Namun, bagi wisatawan yang berkunjung harap selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan Curug Aleh ya. Ayo terus gali dan kembangkan potensi wisata yang ada di Kota Bandung. Selamat Berkunjung.

Artikel Lainnya