Principles of Human dalam Mengelola Sumber Daya Manusia yang Diimplementasikan dalam Perusahaan

Principles of Human dalam Mengelola Sumber Daya Manusia yang Diimplementasikan dalam Perusahaan

Ditulis oleh Rika Wulansari

Manajemen SDM sangat berbeda dibandingkan manajemen sumber daya alam, di mana manajemen SDM yang ditentukan oleh sifat SDM itu sendiri, yang selalu berkembang (dinamis) baik jumlah maupun mutunya. Sedangkan sumber daya alam jumlah absolutnya tidak berkembang. Apabila diperhatikan dari aspek SDM, negara-negara di dunia ini dapat digolongkan menjadi dua kelompok yaitu:

1. Negara-negara yang kekurangan SDM berkualitas sebagai akibat pertumbuhan penduduk rendah, sedangkan tingkat dan kemajuan ekonomi cukup tinggi dan pesat (negara industri).

2. Negara-negara yang masih terdapat kelebihan SDM yang berkualitas dibandingkan tingkat pertumbuhan perekonomian nasionalnya (negara yang sedang berkembang).

Dengan adanya perbedaan yang demikian, maka akan terdapat perbedaan di dalam manajemen SDM di kedua kelompok negara tersebut. Hal ini dapat kita amati di Asia, seperti di India, Pakistan, Bangladesh, Indonesia dan negara-negara lain yang mempunyai penduduk melebihi 100 juta jiwa dengan pertumbuhan penduduk lebih dari 2% rata-rata per tahun.

Selanjutnya dalam penerapannya, konsep manajemen SDM dilaksanakan melalui tahapan sebagai berikut:

Penerapan Fungsi MSDM Secara Makro dan Mikro

Penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam Manajemen SDM dalam arti makro adalah fungsi-fungsi pokok manajemen umum, seperti fungsi manajerial, sedangkan dalam arti mikro adalah fungsi-fungsi manajemen SDM secara fungsi operasional. Perbedaannya adalah fungsi tersebut dilakukan bukan oleh manajer organisasi swasta biasa,

Prinsip-prinsip Manajemen SDM dalam Merekrut Karyawan

Adapun yang dikutip oleh Riadi, Muchlisin. (2019). Bentuk, Prinsip dan Faktor Penempatan Kerja Karyawan. Dari https://www.kajianpustaka.com/2019/05/bentuk-prinsip-dan-faktor-penempatan-kerja-karyawan.html. Dalam manajemen SDM selain fungsi manajerial dan fungsi operasional di dalam penerapannya harus diperhatikan pula prinsip-prinsip manajemen SDM.

Adapun prinsip-prinsip manajemen SDM yang perlu diperhatikan antara lain adalah:

1. Prinsip kemanusiaan adalah prinsip yang menganggap manusia sebagai unsur pekerja yang mempunyai persamaan harga diri, kemauan, keinginan, cita-cita dan kemampuan harus dihargai posisinya sebagai manusia yang layak dan tidak dianggap mesin.

Baca Juga :  30 Quotes Kata Mutiara Lewis Capaldi dari Lirik Lagu, Before You Go

2. Prinsip ini menunjukkan adanya saling menghormati, saling menghargai, dan saling mengisi dalam melaksanakan kegiatan.

3. Prinsip The Right Man On The Right Place, prinsip ini penting dilaksanakan dalam arti bahwa penempatan setiap orang dalam organisasi perlu didasarkan pada kemampuan, keahlian, pengalaman, serta pendidikan yang dimiliki oleh orang yang bersangkutan.

4. Prinsip Equal Pay For Equal Work, pemberian balas jasa terhadap karyawan baru didasarkan atas prestasi kerja yang didapat oleh karyawan yang bersangkutan.

5. Prinsip Kesatuan Arah, prinsip ini diterapkan dalam perusahaan terhadap setiap karyawan yang bekerja agar dapat melaksanakan tugas-tugas dibutuhkan ke satu arah, kesatuan pelaksanaan tugas, sejalan dengan program dan rencana yang digariskan.

6. Prinsip Kesatuan Tujuan, prinsip ini erat hubungannya dengan kesatuan arah, artinya arah yang dilaksanakan karyawan harus difokuskan pada tujuan yang dicapai.

7. Prinsip Kesatuan Komando, karyawan yang bekerja selalu dipengaruhi adanya komando yang diberikan sehingga setiap karyawan hanya mempunyai satu atasan.

8. Prinsip Efisiensi dan Produktifitas Kerja, prinsip ini merupakan kunci ke arah tujuan perusahaan karena efisiensi dan produktivitas kerja harus dicapai dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.

Artikel Lainnya