Rekomendasi Library Cafe di Kota Bandung

Rekomendasi Library Cafe di Kota Bandung

Penulis: Heri Setiawan

Bandung merupakan salah satu kota yang terkenal akan beragam macam café berkonsep unik dan instagramable. Cafe-cafe ini mulai tersebar di berbagai sudut dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu cafe unik di Kota Bandung ini ialah Library Cafe yang cocok banget bagi wisatawan yang gemar membaca.

Berikut kami telah merangkum beberapa café yang mengusung konsep di Kota Bandung yang cocok bagi para pelajar, mahasiswa, dan orang-orang yang gemar membaca.

Rekomendasi Library Cafe di Kota Bandung

1. Kineruku

Rekomendasi Library Cafe di Kota Bandung

Kineruku didirikan pada tahun 2003 yang awalnya memiliki nama Rumah Buku dan berganti nama sejak 2012 hingga saat ini menjadi Kineruku. Lokasi Kineruku berada di Jl. Hegarmanah No.52, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung.

Kineruku menjadi salah satu tempat favorit bagi para peminat buku di Kota Bandung, karena selain koleksi buku yang cukup lengkap dan terdapat toko buku, suasana tenang dan asri yang dimiliki Kineruku menjadi salah satu alasan mengapa Kineruku banyak diminati. Bagi kalian yang mencari café yang bisa ngopi sambil mengerjakan tugas atau membaca, Kineruku merupakan salah satu tempat yang kami rekomendasikan.

Kineruku buka setiap hari Selasa s/d hari Minggu, Pukul 11:30 – 17:30 WIB dan tutup setiap hari Senin.

2. Library Café Zoe

Siapa yang belum tahu Library Café Zoe? Zoe terletak di Jl. Dipati Ukur, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132. Cafe ini merupakan salah satu Library Café yang ada di Bandung. Zoe memiliki nuansa vintage yang dapat membawa pengunjung flashback ke zaman dahulu. Buku-buku yang tersedia disini pun cukup lengkap mulai dari novel, komik jepang, komik tiongkok, dan masih banyak buku menarik lainnya.

Buku-buku yang tersedia di Zoe pun dapat dibaca ditempat oleh para pengunjung secara gratis tanpa dipungut biaya. Terkecuali jika kamu ingin meminjam atau menyewa buku yang ada di Zoe, meminjam atau menyewa buku untuk dibawa pulang itu akan dikenakan biaya.

3. Groots

Groots café merupakan salah satu café di Bandung yang mengusung konsep unik. Dulunya Cafe ini bernama Little Wings lalu tahun 2022 berubah nama menjadi Groots. Bangunan yang terdiri dari 3 lantai ini dulunya digunakan sebagai library. Sekarang cafe library Groots ini hanya mengggunakan lantai 1 yang dikombinansikan dengan berbagai ornamen dari barang kreatif . Di Groots disediakan rak yang berisikan buku-buku yang dapat dibaca oleh para pengunjung. Buku-buku yang tersedia disana pun beragam mulai dari fiksi berbagai genre, sosial-politik, filsafat, sastra, buku-buku seni, desain hingga buku bacaan untuk anak-anak.

Baca Juga :  Cabaco Handcraft, Produk Kriya Berkualitas Premium Dari Kota Bandung

Selain tersedia beragam macam buku untuk di nikmati, Groots juga memiliki suasana asri dan hijau yang dapat membuat para pengunjung betah untuk membaca buku lama-lama. Groots juga memiliki berbagai macam spot foto yang menarik, loh!

Groots berlokasi di Jl. Cigadung Raya Barat No.2, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40191. Buka setiap hari Selasa – Minggu, Pukul 09:30 – 22.30 WIB dan tutup setiap hari Senin.

4. Kedai Jante

Kedai Jante termasuk ke dalam salah satu Library Café yang ada di Bandung. Café yang menyatu dengan Perpustakaan Ajip Rosidi ini terletak di Jl. Garut No.2, Kacapiring, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40271. Sesuai dengan slogannya yaitu ‘Antara Rawon, Kopi dan Buku-Buku’, Kedai Jante menyediakan Rawon, Kopi, serta beberapa buku yang dapat di baca oleh para pengunjung Kedai Jante.

Kedai Jante buka setiap hari Senin – Sabtu mulai pukul 10:00 – 20:00 WIB dan tutup setiap hari Minggu.

5. Ency Koffee

Membaca buku sambil menikmati minuman favorit merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh kaum millenial akhir-akhir ini. Tempat yang tepat untuk melakukan aktivitas tersebut adalah Ency Koffee. Ency Koffee merupakan salah satu café yang tempatnya menyatu dengan taman bacaan Hendra. Didirikan sejak 1967, Taman bacaan Hendra merupakan Taman Bacaan swasta tertua yang ada di Bandung.

Café ini menyediakan kopi, makanan, dan buku yang dapat dipinjam oleh para konsumen Ency Koffee. Suasananya yang nyaman dan tenang serta koleksi buku dari komik hingga novel yang lengkap memberikan poin plus bagi Ency Koffee. Lokasinya berada di pasar cihapit tepatnya di Jl. Sabang No.28, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114.

Ency Koffee buka setiap hari Senin – Sabtu Pukul 11:00 – 20:30 WIB.