Fajar Kristiono Hingga Calvin Jeremy Isi Talkshow Ipsmf Telkom University

Fajar Kristiono Hingga Calvin Jeremy Isi Talkshow LPSMF Telkom University

(Heri Setiawan)

Sabtu, 26 November 2022 IPSMF (International Photography and Short Movie Festival) sukses menggelar Talkshow photography dan film di Auditorium Telkom University. Acara talkshow ini dibuka dengan laporan panitia dari Ketua Panitia Wira Hadi dan dilanjutkan oleh kata sambutan yang disampaikan oleh Wakil Dekan II Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Ayub Ilfandy Imran, Ph.D.

Acara talkshow ini dipandu oleh moderator dari Dosen Telkom University Pradipta Dirgantara. Talkshow pertama dilakukan dengan penyampaian materi dari speaker foto Fajar Kristiono yang merupakan Brand Ambassador dari Sony. Dalam materinya yang berjudul “How to Show Feelings Through Photography” Fajar menyampaikan bawa pentingnya memperhatikan komposisi dalam menghasilkan sebuah foto, dan disamping komposisi perlu juga untuk menyampaikan sebuah emosi dalam sebuah foto karena sebuah foto yang dihasilkan karena salah satu kehebatan fotografi adalah kemampuan foto untuk menyampaikan emosi dari foto tersebut. Fajar juga menyebutkan bahwa ada 3 komposisi yang dapat digunakan oleh fotografer untuk menyampaikan perasaannya melalui foto yaitu ISO, Shutter Speed, dan Aperture yang disesuaikan untuk menghasilkan hasil yang diinginkan. Selanjutnya penting juga untuk memperhatikan detail yang ingin diperlihatkan dalam sebuah foto agar pesan yang ingin disampaikan tersampaikan kepada audiens atau orang lain karena detail akan memberi afeksi kepada foto.

Setelah pemaparan materi yang berlangsung selama 30 menit, Pradipta selaku moderator mempersilahkan para audiens untuk bertanya melalui sesi QnA yang berlangsung dengan interaktif, salah satu audiens bertanya mengenai dimana Fajar Kristiono mendapatkan inspirasi untuk menghasilkan sebuah foto yang out of the box yang kemudian dijelaskan bahwa untuk menghasilkan sebuah foto yang out of the box tidak hanya membutuhkan ide kreatif tetapi juga eksekusi yang dilakukan juga harus sesuai dengan ide yang dihasilkan, maka diperlukan totalitas setiap pihak yang terlibat tidak hanya fotografer tetapi tim MUA, hair do, dan stylist juga ikut mengambil peran besar di dalamnya. Materi yang disampaikan oleh Fajar Kristiono sangat menarik dan pesan-pesan yang disampaikan sangat membantu audiens untuk menghasilkan foto yang diinginkan.

Baca Juga :  Kampung Wisata Syaamil Quran Kiaracondong, Destinasi Religi di Kota Bandung

 Fajar Kristiono Hingga Calvin Jeremy Isi Talkshow Ipsmf Telkom University

Talkshow film diisi oleh Calvin Jeremy selaku aktor tanah air yang ikut membagikan berbagai pengalamannya dalam mengambil peran-peran dalam film dan bagaimana cara untuk mendalami peran dalam sebuah peran yang dipercayai oleh nya. Calvin Jeremy melakukan debut film pertamanya di 2019 di film Terlalu Tampan sebagai Kibo, ia membagikan pengalaman menyenangkan selama proses mendalami perannya sebagai anak SMA ia perlu belajar apa saja yang harus dilakukannya agar peran yang dimainkan olehnya dapat masuk ke penonton dengan baik. Selanjutnya Calvin Jeremy juga mengambil peran dalam film populer KKN Desa Penari sebagai Anton, Calvin membagikan cerita unik ketika sedang melakukan proses shooting ia memaparkan bahwa shooting KKN Desa Penari lumayan menantang baginya karena untuk mengembangkan perannya pula dengan totalitas ia mengubah tampilan fisiknya menjadi berkumis dan berjanggut looks yang ingin disampaikan sebagai mahasiswa tua dapat diterima oleh penonton dengan baik. Setelah sesi talkshow dilakukan pula sesi QnA yang berlangsung penuh antusias dengan audiens.

 Fajar Kristiono Hingga Calvin Jeremy Isi Talkshow Ipsmf Telkom University

Dalam main event talkshow IPSMF juga menampilkan penampilan dari PLEASURE Band untuk menghibur para audiens dan tamu undangan. Adapun sesi penyerahan sertifikat dan plakat kepada Fajar Kristiono selaku pembicara fotografi dan Calvin Jeremy selaku pembicara film yang diserahkan oleh Pembina IPSMF 2022, Rizca Haqqu.