Awarding Night IPSMF Telkom University Tahun Ke-7 Kirimkan Piala Hingga Asia Barat

Awarding Night IPSMF Telkom University Tahun Ke-7 Kirimkan Piala Hingga Asia Barat

(Heri Setiawan)

Sabtu, 26 November 2022 di Auditorium Universitas Telkom rangkaian acara main event dari IPSMF (International Photography and Short Movie Festival) telah sukses dilaksanakan dimulai dari Talkshow pada pagi hari dan dilanjutkan Awarding Night malam harinya. IPSMF sendiri merupakan sebuah ajang internasional yang diharapkan menjadi sebuah kegiatan kompetisi yang memfasilitasi kemampuan para kreator foto dan film, wahana bertukar pikiran bagi sesama peminat foto dan film, dan tentunya sebagai sarana penyampaian karya foto dan film kepada publik.

Pada tahun ini IPSMF telah memasuki tahun ke-7 nya dan berhasil masuk ke dalam TOP 10 calendar of event Bandung 2022. Dengan total submitters sebanyak 4.280 karya dari Indonesia dan Internasional, dengan rincian 3.306 kategori short movie dan 972 kategori photography, dengan 3 negara yang paling banyak mensubmit karya diantaranya Indonesia, Iran, dan India.

Acara ini dimulai pukul 18.00 WIB, dengan pembukaan oleh MC untuk menandakan dimulainya acara. Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video opening #INDONESIABANGET yang dibuat khusus untuk acara IPSMF ke-7 ini. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hymne Telkom University, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Prof. Dr. Adiwijaya selaku rektor Telkom University dan dilanjutkan oleh Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang mengapresiasi kegiatan IPSMF sebagai media untuk menyalurkan ide kreatif melalui photography dan short movie.

Di tengah acara diselingi dengan hiburan berupa pertunjukan seni tari khas Sunda, “Rampak Kendang” sebagai representasi kebudayaan dari tema besar IPSMF tahun ini yaitu “Culture Appreciation Through A Creation”. Sebuah tema yang mengangkat pernyataan bahwa di era digitalisasi ini kita dapat mengekspresikan budaya melalui perkembangan digitalisasi untuk menyambut masa depan. Karena budaya yang hadir berhadapan, berdampingan, dan nyata sebagai bagian dari masa depan kita bersama.

Awarding Night IPSMF Telkom University Tahun Ke-7 Kirimkan Piala Hingga Asia Barat

Pembacaan juara yang pertama dimulai dari kategori photography kategori pelajar & umum. Pembacaan juara 3 photography kategori pelajar yang dibacakan oleh Indria Angga Dianita selaku koordinator divisi marketing, dan berhasil dimenangkan oleh Dimas Prayoga asal Indonesia dengan karya “The Crowd And My Private Space”. Dan pembacaan juara 2 photography kategori pelajar yang dibacakan oleh Abdul Fadli selaku koordinator divisi media partner, dan berhasil dimenangkan oleh M Rafli Lianto asal Indonesia dengan karya “Pacu Jawi Tanah Datar”. Terakhir pembacaan juara 1 photography kategori pelajar yang dibacakan oleh Pradipta Dirgantara selaku sekretaris program studi S1 Ilmu Komunikasi, dan berhasil dimenangkan oleh Hamed Asgharzadeh Marghmaleki asal Iran dengan karya “Social Documentary 2”.

Baca Juga :  Etapasbar.id, Marketplace Online Inisiasi Pedagang Pasar Baru Kota Bandung

Selanjutnya pembacaan juara photography kategori umum. Pembacaan juara 3 photography kategori umum yang dibacakan oleh Jalesia Putri selaku koordinator divisi acara, dan berhasil dimenangkan oleh Khairul Mustofa asal Indonesia dengan karya “SLEEP”. Dan pembacaan juara 2 photography kategori umum yang dibacakan oleh Syahputra selaku kepala program studi S1 Administrasi Bisnis, dan berhasil dimenangkan oleh Maizal Chaniago asal Indonesia dengan karya “Silek Jarami”. Terakhir pembacaan juara 1 photography kategori umum yang dibacakan oleh Adrio Kusmareza Adim selaku peninjau IPSMF 2022, dan berhasil dimenangkan oleh 虎 肖 asal China dengan karya “The Road to Other Places”.

Awarding Night IPSMF Telkom University Tahun Ke-7 Kirimkan Piala Hingga Asia Barat

Berikutnya dilanjutkan dengan pembacaan juara short movie kategori Best Fiction, Best Documenter dan Best Cinematography. Pembacaan Best Fiction Movie yang dibacakan oleh Itca Istia Wahyuni selaku sekretaris program studi S1 Ilmu Komunikasi dan Reni Nuraeni selaku kepala program studi S1 Digital Public Relations, dan berhasil dimenangkan oleh Ahmad Faiz asal Indonesia dengan judul “BASIYAT (Bathe My Corpse with Wine)”. Dilanjutkan pembacaan nominasi Best Documenter yang dibacakan oleh Tjandra Wibowo dan Devo Virgiawan selaku perwakilan Perum Produksi Film Negara atau PFN yang berhasil dimenangkan oleh Ali Mohammed al Hamami asal Iraq dengan judul “The Marshes of Iraq”. Terakhir pembacaan Best Cinematography yang dibacakan oleh Ade Irma Susanty selaku dekan Fakultas Komunikasi & Bisnis dan Ayub Ilfandy Imran selaku wakil dekan 2 Fakultas Komunikasi & Bisnis, dan berhasil dimenangkan oleh Aldis Elwan asal Indonesia dengan judul “Waiting For Your Phone Call”. Setelah pengumuman para pemenang, IPSMF mengadakan kuis berhadiah seputar event IPSMF yang di sponsori oleh Airin Beauty Clinic dan Jonas Photo.

Pada kegiatan terakhir, ditutup dengan penampilan dari guest star, Manshur Angklung yang membawakan lebih dari 3 lagu dengan nuansa tradisional berpadu modern yang sangat sesuai dengan tema budaya dari IPSMF. Penampilan penutup tersebut membuat suasana semakin meriah, yang dinikmati oleh peserta, panitia, hingga tamu undangan yang menghadiri Auditorium Universitas Telkom.