Museum Mainan 198X

Museum Mainan 198X, Nostalgia Masa Kecil dengan Beragam Mainan Zaman Dulu

Penulis: Heri Setiawan (IG: @udarang21)

Kota Bandung dikenal memiliki banyak Museum yang tersebar di berbagai tempat dengan beragam keunikannya, seperti Museum Pos Indonesia, Museum Geologi, Museum Asia Afrika dan masih banyak lainnya.

Namun, masih belum banyak orang yang tau bahwa di Kota Bandung terdapat sebuah museum mainan. Tempat yang bisa membawa kita mengenang masa kecil ini bernama Museum Mainan Zero Toys atau Museum Mainan 198X. Di museum ini terdapat bermacam-macam jenis mainan era 80an yang masih terawat dengan sangat baik.

Penasaran ada apa saja di museum mainan ini? tanpa menunggu lama-lama lagi, ayo kita bernostalgia sejenak di Museum Museum Mainan 198x. Let’s Gooo!

Berawal Dari Hobi Mengoleksi dan Mengumpulkan Mainan

Museum Mainan 198X

Bandung dikenal sebagai kota yang memiliki berbagai macam museum yang menarik untuk dikunjungi. Tak terkecuali dengan museum yang unik satu ini, yaitu Museum Mainan Zero Toys atau Museum Mainan 198x.

Museum Mainan 198X

Berawal dari hobi mengoleksi dan mengumpulkan mainan, museum ini didirikan oleh Aldo Ikhwanul Khalid.  Mainan yang dikumpulkannya dipajang dan awalnya hanya muat dua etalase. Mainan-mainan yang dipajang dan dikoleksi di tempat ini ialah mainan yang berasal dari tahun 1980-1989. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1999 Aldo kemudian mendirikan sebuah toko mainan yang konon merupakan toko jual beli mainan Kolektor pertama di Bandung.

Koleksi 3000 Jenis Mainan

Museum Mainan 198X

Nama tempat ini memang banyak dikenal dengan sebutan Museum Mainan Zero Toys. Namun kemudian, museum yang mulai dibentuk pada tahun 2005 ini diberi nama dengan Museum Mainan 198x. Adapun makna dari penamaan Museum Mainan 198x ini ialah bahwa koleksi mainan yang ada di museum ini diproduksi kisaran tahun 1980-1989.

Hebatnya lagi, hingga kini jumlah koleksi mainan yang dipajang di tempat ini lebih dari 3000 koleksi. Banyak banget kan!

Koleksi mainan yang dipamerkan di museum atau toko mainan ini sangat beragam, mulai dari mainan asal Benua Amerika hingga buatan Jepang. Namun pemilik dan pengunjung cenderung lebih menggemari mainan dari Jepang, salah satunya karena pengaruh film robot dari Jepang yang memang nge-trend pada masanya.

Dikenal Oleh Penggemar Mainan Tanah Air

Museum Mainan 198X

Museum Mainan 198x cukup dikenal oleh para penggemar mainan di Tanah Air.  Tempat ini beralamat di Jalan Sunda No. 39A, dekat banget dari perempatan Jalan Veteran arah Jalan Sunda.

Ketika sampai di museum ini, kamu akan langsung disuguhi koleksi mainan yang tertata rapi pada etalase-etalasenya. Bangunan museum ini terdiri dari 3 lantai, dimana di lantai 1 museum juga terdapat toko mainan. Yup, selain melihat-lihat koleksi museum, disini kamu juga bisa membeli langsung berbagai jenis mainan yang menarik, dengan kisaran harga dari puluhan ribu hingga belasan juta rupiah.

Oiya, untuk dapat masuk ke museum ini, pengunjung bisa membeli beberapa merchandise khusus, yang berlaku sebagai tiket masuk

Hingga kini, tidak sedikit pengunjung yang mampir ke museum ini, mulai dari pelajar, orang tua hingga wisatawan. Tempat ini buka dari mulai pukul 10.000 – 20.00 WIB. Pokoknya kalau kesini, kamu pasti bakal kagum banget deh dengan beragam koleksi mainannya.

Buat kamu yang ingin nostalgia dengan beragam mainan zaman dulu, di tunggu di Museum Mainan 198x Bandung ya!

Artikel Lainnya