Desa Lonthoir Banda Neira

Detail Budget 4 Hari 3 Malam Liburan di Banda Neira

Banda Neira, pulau cantik yang berada di Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Banda Neira menjadi salah satu destinasi wajib yang harus kamu kunjungi saat kamu ke Maluku. Segala rasa penat yang kamu rasakan ketika bekerja akan luntur dengan keindahan alam Banda Neira yang tidak bisa didefinisikan dengan kata-kata. No words needed.

Sebagai pulau yang bisa disebut ‘entah berantah’ sesuai lagu dari grup musik Banda Neira, bisa jadi salah satu opsi liburan anti-mainstream untuk kamu. 4 hari 3 malam bisa menjadi waktu yang pas bagi kamu yang hanya bisa cuti 4 harian. Namun ada baiknya, siapkan waktu luang yang panjang karena Banda Neira sebenarnya tidak cukup dieksplor hanya 4 hari saja.

Meski begitu, berdasarkan pengalaman pribadi, 4 hari 3 malam cukup berkesan dengan jadwal yang cukup padat. Berikut detail budget liburan ke Banda Naira 4 hari 3 malam yang musti kamu perhatian sebelum memutuskan untuk berlibur ke ‘Island Life’.

Transportasi Pulang Pergi

Banda Naira termasuk pulau yang cukup susah untuk masalah transportasi. Ada dua pilihan moda transportasi yang bisa kamu pakai dari Ambon menuju Banda Naira. Pertama pesawat, tentu ukurannya jauh lebih kecil. Kedua, kapal. Perbedaan keduanya cukup jelas yakni di waktu tempuh. Meski berbeda waktu, namun kedua moda transportasi ini sama-sama memberikan kesan yang menarik untuk perjalanan travelingmu. Transportasi ini harus kalian dapatkan informasi dari website resmi penerbangan SAM AIR ataupun jadwal kapal. Ada lebih baik, mengenal salah satu orang yang bekerja di dinas perhubungan karena jadwal cukup sulit diketahui karena sering berubah-ubah karena masalah cuaca. Untuk pesawat, biasanya akan ada penerbangan berangkat dan pulang 2 kali dalam seminggu.

Harga tiket pesawat Ambon – Banda Neira: Rp 350 ribu

Harga tiket kapal Ambon – Banda Neira: Rp 150 ribu (duduk) Rp 200 ribu (tempat tidur) *tergantung jenis kapal ferry

Harga tiket pesawat Banda Neira – Ambon: Rp 325 ribu

Harga tiket kapal Banda Neira – Ambon: Rp 150 ribu (duduk) Rp 200 ribu (tempat tidur) *tergantung jenis kapal ferry

NB. Harga di atas terupdate terakhir pada 21/11/2021

Penginapan

Salah satu yang membuat liburanmu terasa begitu ‘asique’ yakni penginapan yang nyaman. Di sana banyak sekali penginapan yang bisa kamu pilih. Mulai dari arsitektur kuno hingga pemandangan dengan view laut bisa kamu pilih. Adapun satu informasi menarik yakni artis Vanesha Prescilla pernah menginap di The Maulana saat proses syuting film Kata di Banda Neira.

Adapun berdasarkan pengalaman pribadi, penginapan yang saya tempati yakni Delfika Guesthouse di depan Rumah Budaya Banda dan Baba Lagoon dengan view laut yang bikin healing-sehealingnya. Adapun di Delfia dan Baba Lagoon sama-sama menyediakan peralatan menyelam. Baba Lagoon malah menyediakan instruktur bagi yang tertarik untuk belajar diving.

Harga penginapan per malam

Delfika Guesthouse: Rp 325 ribu + pajak (include makan pagi) isi 3 kasur 

Baba Lagoon: Rp 250 ribu + pajak (include makan pagi) isi 2 kamar bisa nambah ekstra bed + Rp 100 ribu.

Harga Makanan

Meski di ‘antah berantah’, harga makanan di Banda Neira cukup terjangkau. Kamu cuma perlu beli makan dua kali saja karena makan pagi dapat dari penginapan. Pilihan makanan yang bisa kamu beli yakni nasi kuning, ayam asam pala, sup ikan, ikan asap bubara dan lain-lain.

Estimasi biaya sekali makan+minum: Rp 35 ribu – 60 ribu

Estimasi biaya makan 4 hari: Rp 280 ribu – 480 ribu

Trip Hari Pertama

Benteng Belgica Banda Neira
Benteng Belgica Banda Neira (credit: Gangsar Isworo)

Hari pertama tentu kamu bersantai-santai dulu dengan berjalan kaki di Banda Neira. Lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi tidak jauh. Pertama kamu bisa menilik sejarah dari Banda Neira di Rumah Budaya Banda Neira. Di sana kamu akan dipandu oleh penjaga yang akan menjelaskan beberapa maksud barang yang ada di sana. Lukisan yang penuh arti dan berbagai alat musik akan membuat kamu mengangguk-ngangguk untuk mengetahui sejarah Banda Neira.

Setelah itu kamu bisa berkunjung ke Istana Mini. Disebut Istana Mini karena bentuknya seperti istana negara dengan versi lebih kecil. Istana Mini dulu ditempati oleh Jan Pieterszoon Coen. Setelah dari sana kalian bisa menuju ke Rumah Pengasingan Bung Hatta. Berbagai barang-barang peninggalan Wakil Presiden pertama Indonesia ada di sana, mulai dari mesin ketik, baju hingga tempat belajar mengajar di bagian belakang rumah.

Puas memahami sejarah Banda Neira, selanjutnya kamu bisa menikmati keindahan benteng. Ada dua benteng yang bisa kamu kunjungi yakni Nassau dan Belgica. Terkhusus Belgica, kamu bisa achievement unlock dengan memfoto persis layaknya gambar di mata uang seribu yang memperlhatkan gagahnya bentuk pentagon benteng Belgica dengan view gunung api Banda.

Teruntuk harga tiket masuknya tidak dipatok hanya saja menuliskan buku tamu dan menyumbang seikhlasnya saja. Untuk estimasi biasa bisa dipatok per destinasi Rp 20 ribu per orang.

Baca Juga :  Giant Eel Morea di Mata Air Waiselaka, Belut Jumbo Bak Kucing Peliharaan

Budget trip hari pertama: 5 destinasi x Rp 20 ribu per orang = 100 ribu.

Trip hari kedua

Pulau Nailaka Banda Neira
Pulau Nailaka Banda Neira (credit: Gebyar Adisukmo)

Setelah full senyum dengan jalan-jalan di sekitar Banda Neira, selanjutnya kamu bisa menikmati keindahan lautnya. Yup, saatnya main ke Pulau Nailaka, Rhun dan Ay. Tentu, menuju ketiga pulau tersebut memerlukan moda transportasi speed boat. Kamu bisa sewa speed boat tinggal tanya saja ke orang-orang penginapan maka akan dibantuk mencari speed boad.

Pulau pertama yang akan buat kamu takjub yakni Nailaka. Keindahan Nailaka dengan pasir putihnya akan membuat kamu merasa benar-benar tenang. Spot foto saat surut akan membuat kamu benar-benar terkesima. MasyaAllah, no words needed pokoknya!

Setelah puas bermain air dan berfoto-foto di Nailaka, selanjutnya kamu bisa ke pulau Rhun. Di sana kamu bisa berjalan-jalan di desa Rhun seperti melihat rumah besi bekas pengasapan buah pala. View dari atas desa Rhun juga cocok sebagai tempat singgah untuk makan siang dengan view yang menenangkan jiwa. Selesai dari desa Rhun, selanjutnya mencari spot snorkeling di dekat-dekat Rhun.

Kalau snorkeling di Rhun tidak cukup, kamu bisa snorkeling lagi di deket Pulau Ay. Spot snorkeling di Pulau Ay tak kalah apik dibanding Rhun. Selesai snorkeling kamu bisa berjalan-jalan di Ay untuk melihat Benteng Revengie. Jangan lupa kalau di Ay mampir nge es dengan beli Marimas. Silakan kaget, karena harganya cuma seribu. Edan enggak? Edan lah, masak enggak~

Estimasi biaya sewa boat ke Nailaka, Rhun dan Ay: Rp 1,1 juta – 1,3 juta

Estimasi sewa perlengkapan snorkeling: Rp 50 ribu (kacamata dan fins)

Trip hari ketiga

Desa Lonthoir Banda Neira
Desa Lonthoir Banda Neira (credit: Gebyar Adisukmo)

Hari ketiga hanya dua destinasi yang bisa kamu coba berdasarkan pengalaman penulis. Pertama mengunjungi desa Lonthoir dan hiking ke gunung api Banda. Ya, desa Lonthoir wajib kamu kunjungi karena ini merupakan spot foto terbaik dengan view laut dan gunung api Banda. Di sana banyak pasangan berfoto prewedding karena memang sebagus itu.

Untuk destinasi kedua, hiking gunung api Banda harap diperhatikan bagi yang benar-benar pendaki pemula. Trek gunung api Banda sangat luar biasa susahnya. Selepas pos satu, kamu akan kesulitan menemui pijakan tanah karena full batu dan kerikil. Pegangan kanan kiri di pohon juga kecil-kecil jadi sangat rawan untuk terpeleset jika tidak hati-hati. Ada baiknya jika kamu benar-benar pemula jangan memaksa untuk naik gunung api Banda. Meski hanya 600 mdpl, tapi gunung ini benar-benar cabe rawit.

Biaya naik kapal ke Lonthoir PP: +- Rp 15 ribu

Ojek Lhontoir: Rp 5 ribu

Biaya naik kapal ke gunung api Banda PP: +- 15 ribu

Trip hari keempat

Trip hari keempat bisa kamu tutup dengan manis melalui dive. Ya, tak lengkap rasanya jika ke Banda Neira kamu tidak turun ke laut dengan pemandangan super duper epic. Kamu bisa diving ke Lava Flow dan banyak spot diving lainnya. Sebelum diving, jika kamu pemula maka harus coba ambil license. Kalau pun tidak, kamu bisa pakai scuba diving dengan pemandu instruktur. Sebelum scuba diving, kamu akan mendapatkan beberapa pelatihan secara teori maupun praktek agar lebih nyaman saat scuba diving.

Estimasi biaya diving: +- Rp 500 ribu (bagi yang punya license diving)

Estimasi biaya scuba diving: +- Rp 1,5 juta ribu (lengkap short couse dan makan siang)

Estimasi biaya ambil license: +- 4,5 juta (bersertifikat)

Total budget

Budget akan lebih terasa ringan jika kamu ke Banda Neira dengan beberapa orang. Pengalaman penulis dengan traveling 3 orang cukup aman menaksir budget di kisaran Rp 6,5 juta (termasuk tiket PP pesawat Surabaya Ambon – Ambon Surabaya). Namun apabila ditaksir hanya di Banda Naira maka detailnya sebagai berikut.

Harga tiket pesawat Ambon – Banda Neira: Rp 350 ribu

Harga tiket kapal Banda Neira – Ambon: Rp 200 ribu (tempat tidur) 

Penginapan 4 hari 3 malam: Rp 350 ribu x 3 = Rp 1,05 juta 

Makan 4 hari 3 malam: Rp 480 ribu

Trip hari pertama: Rp 100 ribu.

Trip hari kedua sewa boat ke Nailaka, Rhun dan Ay (dibagi 3 orang) + perlengkapan snorkeling: Rp 450 ribu

Trip hari ketiga: Rp 45 ribu

Trip hari keempat scuba diving: Rp 1,5 juta

Oleh-oleh: Rp 200 ribu

Total budget: +- Rp 4,37 juta

Nb. tiket pesawat Surabaya Ambon PP: Rp 2,4 juta dan belum dihitung antigen 2-3 kali.

Artikel Lainnya