Bucketlist Wisata di Kawasan Cihampelas

Bucketlist Wisata di Kawasan Cihampelas

Penulis: Heri Setiawan

Wilayah Cihampelas di Bandung merupakan wilayah yang sangat akrab di telinga para pelancong domestik. Di era pertengahan 1980-an, kawasan ini sangat masyur sebagai pusat jins. Orang ke Bandung pasti berkunjung ke Cihampelas untuk belanja jins yang harganya relatif ‘miring’ dibandingkan harga di mal. Asli atau tidak, bukan masalah.

Menurut cerita, jalan tersebut dinamakan Cihampelas karena dulu di sana banyak terdapat pohon hampelas. Dinamakan ‘hampelas’ lantaran salah satu sisi daunnya kasar sehingga menyerupai kertas ampelas yang biasa digunakan untuk memperhalus permukaan kayu atau benda lainnya. Pohon hampelas tumbuh berkelompok di tempat yang memiliki mata air, termasuk di Cihampelas.

Kini di Kawasan Cihampelas, menjadi salah satu daya tarik wisata di Kota Bandung. Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi olhe wisatawan saat berkunjung di Kawasan Cihampelas. Mulai dari wisata belanja hingga berwisata sejarah. Berikut Memora.ID rangkum bucketlist wisata di kawasan Cihampelas yang bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Hotel

Grand Tjokro Premiere Hotel

Grand Tjokro Premiere Hotel, terletak di Jalan Cihampelas yang merupakan jalan perbelanjaan terkenal di Kota Bandung.  Hotel bintang 4 ini mengusung konsep modern yang dipadukan dengan unsur budaya lokal. Hotel ini memiliki 368 kamar modern dan bersih yang dilengkapi berbagi fasilitas modern, WiFi, Brankas, TV, minibar, dll. Selain itu, tersedia juga akomodasi modern dengan Wi-Fi gratis di seluruh areanya, kolam renang rooftop, ruang rapat, serta restoran dan bar. Salah satu hal yang menarik di Hotel ini ialah terdapat Mini Zoo yang bisa dikunjungi oleh wisatawan dengan berbagai atraksinya. Grand Tjokro Premiere Hotel berjarak sekitar 6,6 km dari Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung.

Alamat : Jl. Cihampelas No.211-217, Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung

Sensa Hotel

Sensa Hotel, terletak di Jl. Cihampelas No.160, Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Merupakan hotel bintang 4 yang berada tidak jauh dari pusat perbelanjaan CiWalk (Cihampelas Walk). Rasakan pengalaman menginap Anda di hotel Sensa dengan 128 kamar dan rasakan seperti di rumah sendiri dengan kamar yang indah dan nikmati berbagai fasilitas modern dan WiFi. Ada banyak fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung diantaranya, Swimming Pool, Spa & Fitness Center dan wisata belanja di Cihampelas Walk. Sensa Hotel berjarak 4,1 km dari Bandara Husein Sastranegara Bandung.

Alamat: Jl. Cihampelas No.160, Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung

Selain dua hotel di atas, terdapat beragam pilihan hotel-hotel lainnya yang bisa dijadikan alternatif untuk menginap dikawasan  Cihampelas ini,  diantaranya ada Aston Tropicana, Grandia Hotel, De Batara, Favehotel, Serela Cihampelas, Amaris Hotel, Cihampelas Hotel, Nalendra Hotal dan banyak hotel lainnya yang bisa wisatawan kunjungi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masing masing.

Destinasi Wisata Sejarah

Masjid mungsolkanas

Bucketlist Wisata di Kawasan Cihampelas

Masjid Mungsolkanas merupakan nama sebuah Masjid tertua di Kota Bandung yang berdiri pada tahun 1869. Mungsolkanas sendiri bukan berasal dari Bahasa Arab yang biasa disematkan pada masjid-masjid lainnya. Mungsolkanas ini merupakan kependekan dari kalimat bahasa Sunda ‘Mangga Urang Ngaos Solawat Kanggo Kanjeng Nabi Muhammad SAW’ atau bila diterjemahkan kurang lebih berarti ‘mari kita baca selawat untuk Nabi Muhammad SAW’. Hingga kini masjid ini masih kokoh berdiri dan bisa dikunjungi.

Alamat: Jl. Cihampelas, Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung

Pemandian Cihampelas

Tidak banyak yang tau bahwa kolam renang pertama yang ada di Indonesia itu ialah Pemandian Tjihampelas. Dulu pada tahun 1898, pemerintah kolonial Belanda membangun sebuah kolam renang atau pemandian yang dinamakan “Europa Zwembad”. Namanya kemudian diganti menjadi “Pemandian Tjihampelas” atau kolam renang Cihampelas yang merupakan satu kolam renang tertua di Kota Bandung dan pertama di Indonesia. Sebelum menjadi kolam renang, Pemandian Cihampelas awalnya adalah kolam ikan milik Nyonya Homann, istri dari pemilik Hotel Savoy Homann, tuan Homann. Pada akhirnya kolam renang pertama ini dibongkar untuk dijadikan hotel di tahun 2010 yang kini menjadi komplek Apartemen The Jarrdin, Jl. Cihampelas Belakang No.10 Kota Bandung. 

Wisata Belanja

Jalan Cihampelas

Bucketlist Wisata di Kawasan Cihampelas

Jalan Cihampelas merupakan sebuah nama Jalan yang ada di Kota Bandung. Jalan Cihampelas sekarang menjadi salah satu pusat perhatian wisatawan yang ingin berbelanja seperti jeans dan berbagai jenis kebutuhan lainnya. Di sepanjang jalan Anda akan banyak menemukan toko – toko yang menjual pakaian yang terbuat dari bahan jeans dengan harga yang bervariasi. Selain itu dijalan cihampelas juga terdapat Sky Walk Teras Cihampelas yang bisa jadi alternatife bagi wisatawan.

Alamat: Jl. Cihampelas, Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung

Cihampelas Walk

Bucketlist Wisata di Kawasan Cihampelas

Cihampelas Walk atau biasa dikenal dengan sebutan Ciwalk merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bandung. Ciwalk memiliki konsep mall yang sangat unik dan tentunya berbeda dari mall-mall kebanyakan, perpaduan antara outdoor dan indoor yang keren dan kekinian. Saat malam hari Ciwalk dihiasi oleh lampu warna warni yang berada dipohon rindang sehingga sangat indah dan instagramable. Mall yang berdiri pada tahun 2003 ini didukung oleh fasilitas-fasilitas terbaik dan lengkap diantaranya seperti; Emergency room, yang berfungsi untuk mengevakuasi keadaan yang darurat. Toilet, Atm Gallery, tempat parkir yang nyaman, dll.

Alamat: Jl. Cihampelas No.160, Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung

Wisata Kuliner

Hanami Café And Sky Lounge

Hanami Cafe & Sky Lounge merupakan sebuah tempat nongkrong kekinian yang mengusung konsep unik cocok buat quality time bersama teman, kerabat ataupun keluarga tercinta. Tak heran jika cafe ini kini menjadi spot hangout favorit di Bandung. Hanami Cafe & Sky Lounge menjadi salah satu obyek wisata kuliner di Bandung yang baru hits dan viral diberbagai media sosial. Daya tarik utama dari Hanami Cafe & Sky Lounge yakni tempatnya yang menawarkan konsep cafe ala Jepang dengan ornamen-ornamen khasnya, mulai dari desain bangunan, aneka dekorasi hingga terdapat bunga sakura, tentunya sangat cocok buat berswafoto ala instagramable. Hanami Sky Lounge Bandung juga menyediakan fasilitas berupa persewaan costum seperti Kimono yang akan menambah kental nuansa Jepang dan menghasilkan foto yang menarik untuk diunggah di media sosial.

Alamat: Jl. Cihampelas No.254, Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung

Bakso Semar

Bakso semar adalah salah satu primadona kuliner di Kota Bandung yang terletak di Jl. Cihampelas No.68. Bakso Semar Bandung sudah ada sejak tahun 1998. Aneka menu yang disajikan sangat unik  Daya tarik dari bakso ini adalah bakso tulang rusuk yang menjadi menu andalan. Ada juga tetelan yang wajib dicoba bersama bakso tulang rusuknya berpadu dengan kuah gurih. Bagi para pecinta bakso, tidak perlu khawatir kehabisan, karena bakso ini hadir 24 jam.

Alamat  : Jl. Cihampelas No.68, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

Mangkok Manis

Mangkok Manis adalah sebuah kedai yang terkenal oleh dessertnya. Salah satu daya tariknya adalah dessert yang dihidangkan di atas batok kelapa. Awal mulanya Mangkok Manis hanya menjual dessert di gerobak pinggir jalan Cihampelas di halaman rumah pemiliknya yaitu Indriana Levany. Namun, dessert yang dijual disukai para konsumen hingga memiliki waiting list. Kini, kedai tersebut telah berinovasi dengan menambah berbagai menu menarik lainnya selain dessert. Selain itu, kedai ini terkesan simpel, cozy, dan tersedia area parker yang cukup luas untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

Alamat : Jl. Cihampelas No.95, Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung

Di kawasan Cihampelas ini banyak pilihan kuliner lainnya yang bisa dicicipi oleh wisatawan. Mulai dari makanan tradisional hingga makanan modern yang menggugah selera. Diantaranya ada, Warung Nasi Ampera, Go Grill-Ah, Bakso Rusuk Samanhudi, Upnormal, Kambing Bakar Kairo, Es Campur Mang H Ondo serta banyak lainnya.

AKSESIBILITAS

Dari Bandara Husein Sastranegara

Estimasi Waktu : 30 Menit

Naik Cimahi-St.Hall ke Jalan Pajajaran lalu naik 11B Ciumbeuleuit ke Jalan Cipaganti 86 lalu jalan ke Cihampelas Walk

Dari Stasiun Bandung

Estimasi Waktu : 20 Menit

Jalan ke Jl. Kebon Jati 11 naik Angkutan 11 B Ciumbuleuit ke Jl. Cipaganti 86 lalu jalan ke Cihampelas Walk

Dari Halte Leuwi Panjang

Estimasi Waktu : 48  Menit

Naik Leuwi Panjang-Padalarang ke Jl. Jendral Sudirman 823 lalu naik 21 Sederhana ke Jl. Sederhana 45 A, lalu naik 15 Margahayu Raya  ke Jalan Cihampelas  lalu berjalan ke jalan Cihampelas Walk