Langkah Inovatif PT Gaya Makmur Mobil Luncurkan FAW Truck Euro 5

Langkah Inovatif PT Gaya Makmur Mobil Luncurkan FAW Truck Euro 5, Teknologi Maju Dengan Ragam Keunggulan

Pemerintah Indonesia resmi memberlakukan regulasi Standar Euro 4 untuk kendaraan bermesin diesel seperti truck terhitung sejak April 2022. Regulasi terkait penggunaan standar Euro 4 ini ada dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN-KUM.1/3/2017. Peraturan tersebut juga terkait dengan baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru di mana kategorinya ada 3. 3 kategori kendaraan tersebut yakni kategori M yang berarti kendaraan angkutan orang, kategori N yang berarti angkutan barang dan kategori O yang berarti kendaraan penarik gandengan.

Regulasi ini sudah diterapkan sejak April 2022 yang membuat perusahaan kendaraan mesin diesel di Indonesia harus melakukan produksi dan menjual mobil dengan mesin minimal Standar Euro 4. Upaya tersebut dilakukan pemerintah untuk menekan angka polusi udara di Indonesia. Regulasi ini sudah diterapkan oleh PT Gaya Makmur Mobil yang meluncurkan FAW Truck Euro 5. PT GMM bahkan sudah selangkah lebih maju dengan menerapkan teknologi maju Euro 5 untuk menyelaraskan misi dengan pemerintah sebagai upaya tekan angka polusi udara.

Sebelum membahas lebih dalam terkait langkah inovatif PT Gaya Makmur Mobil luncurkan FAW Truck Euro 5, menjabarkan pengertian tentang emisi gas buang akan membuat pembaca lebih mengerti pentingnya penerapan Euro 5 sebagai teknologi ramah lingkungan seperti yang dilakukan oleh PT Gaya Makmur dengan luncurkan FAW Truck Euro 5.

Langkah Inovatif PT Gaya Makmur Mobil Luncurkan FAW Truck Euro 5

Apa Itu Emisi Gas Kendaraan?

Emisi gas kendaraan adalah gas yang keluar dari sisa pembakaran di dalam ruang pembakaran yang ada pada kendaraan bermotor. Adapun contoh dari emisi gas buang kendaraan ialah Karbon Monoksida (CO) dengan sifat gas tidak berwarna dan berbau, Karbon Dioksida (CO2) memiliki efek berbahaya karena berpengaruh ke global warming, Nitrogen Oksida (NOX) dapat berefek pada gangguan saluran pernapasan manusia, serta Hydrocarbon (HC) terjadi karena pembakaran tak sempurna di dalam suatu mesin.

Fakta menarik terkait emisi CO2, saat ini Indonesia tercatat sebagai salah satu penyumbang pencemaran udara terbesar di dunia dengan sumbangsih emisi CO2 sebesar 4% berdasarkan analisa Carbon Brief yang terhitung sejak 1850. Emisi ini bisa berefek buruk yang menyebabkan turunnya kualitas udara serta terjadi global warming. Mengetahui efek dari emisi gas kendaraan, Indonesia sudah menyiapkan strategi ramah lingkungan dengan tekan angka polusi udara. Salah satu upaya untuk menekan angka polusi udara adalah dengan menerapkan berbagai regulasi. Regulasi Standar Emisi Euro salah satunya. Regulasi tersebut kini sudah diterapkan oleh PT Gaya Makmur dengan luncurkan FAW Truck Euro 5 sebagai langkah efektif untuk memajukan teknologi yang ramah lingkungan.

Standard Emisi Euro

Standard Emisi Euro

Standar Emisi Euro sangat penting dalam upaya menekan angka polusi udara. Lalu apa sih Standar Emisi Euro? Standar Emisi Euro adalah regulasi penetapan standar emisi pada kendaraan yang bisa memberi dampak pada lingkungan yakni terkait kandungan gas karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), nitrogen oksida (NOx) serta particulate matter (PM).

Penetapan aturan ini sangat bermanfaat untuk melindungi lingkungan dari zat-zat berpengaruh yang dihasilkan oleh kendaraan. Ada nilai-nilai ambang batas konsentrasi yang harus dipatuhi oleh produsen kendaraan agar bisa menekan angka polusi udara. Standar Emisi Euro terdiri dari beberapa tingkatan yakni dari 1 sampai 6.

Tingkat Standar Emisi Euro

Ada tingkat Standar Emisi Euro yang berlaku di dunia. Standar Emisi Euro ini semakin kecil kandungan emisi karbondioksida, nitrogen oksida serta monoksida maka semakin baik. Semakin baiknya suatu nilai Standar Emisi Euro maka akan semakin tinggi standarnya. Ada tingkatan Standar Emisi Euro dari 1-6 yang dijelaskan secara rinci di bawah ini.

Euro 1: Tingkatan Euro 1 ini berlaku untuk converter katalis dan bensin dengan tanpa timbal yang digunakan pada kendaraan mobil. Adapun batas emisi bensin, CO bernilai 2,72 g/km dan HC+NOx: 0,97 g/km. Untuk batas emisi diesel, CO bernilai 2,72 g/km, HC+NOx bernilai 0,97 g/km, PM bernilai 0,14 g/km.

Euro 2: Tingkatan Euro 2 ini berlaku untuk batas emisi berbeda yang digunakan pada kendaraan bermesin bensin dan diesel. Adapun batas emisi bensin, CO bernilai 2,20 g/km, HC+NOx bernilai 0,50 g/km. Untuk batas emisi diesel, CO bernilai 1,00 g/km, HC+NOx bernilai 0,70 g/km dan PM bernilai 0,08 g/km.

Euro 3:  Tingkatan Euro 3 ini memisahkan spesifikasi emisi hidrokarbon (HC) dan nitrogen oksida (NOx) yang digunakan kendaraan bermesin bensin dan mesin diesel. Adapun batas emisi bensin, CO bernilai 2,30 g/km, HC+NOx bernilai 0,20 g/km dan NOx bernilai 0,15 g/km. Untuk batas emisi diesel, CO bernilai 0,64 g/km, HC bernilai 0,56 g/km, NOx bernilai 0,50 g/km dan PM bernilai 0,05 g/km.

Euro 4: Tingkatan pada Euro 4 ini mengurangi ambang batas pada PM dan NOx di kendaraan bermesin diesel. Adapun jenis mobil diesel mendapatkan filter partikel diesel atau DPF yang memiliki kemampuan bisa menangkap 99% partikulat. Adapun batas emisi bensin, CO bernilai 1,00 g/km, HC bernilai 0,10 g/km dan NOx bernilai 0,08 g/km. Untuk batas emisi diesel, CO bernilai 0,50 g/km, HC+NOx bernilai 0,30 g/km, NOx bernilai 0,25 g/km dan PM bernilai 0,025 g/km

Euro 5: Tingkatan pada Euro 5 mulai menerapkan DPF untuk semua kendaraan bermesin diesel. Ambang batas partikulat ini digunakan untuk mesin bensin direct injection. Adapun batas emisi bensin,  CO bernilai 1,00 g/km, HC bernilai 0,10 g/km, NOx bernilai 0,06 g/km dan PM bernilai 0,005 g/km. Untuk batas emisi diesel, CO bernilai 0,50g/km, HC+NOx bernilai 0,23 g/km, NOx bernilai 0,18 g/km dan PM bernilai 0,005 g/km.

Euro 6: Tingkatan pada Euro 6 ini alami penurunan 67% tingkat nitrogen oksida (NOx). Penurunan ini dibolehkan untuk bahan bakar diesel dan pengenalan untuk batas jumlah partikel untuk bensin. Adapun batas emisi bensin, CO bernilai 1,00 g/km, HC bernilai 0,10 g/km, NOx bernilai 0,06 g/km dan PM bernilai 0,005 g/km. Untuk batas emisi diesel, CO bernilai 0,50 g/km, HC+NOx bernilai 0,17 g/km, NOx bernilai 0,08 g/km dan PM bernilai 0,005 g/km.

Perbedaan Euro 4 dan Euro 5

Perbedaan Euro 4 dan Euro 5

Saat ini Indonesia miliki regulasi yang mengatur Standar Emisi Euro untuk kendara dengan Euro 4. Namun ada beberapa perusahan sudah selangkah lebih maju dengan terapkan Euro 5 seperti PT Gaya Makmur Mobil yang meluncurkan FAW Truck Euro 5.

Lalu apa saja sih perbedaan yang signifikan Euro 4 dan Euro 5. Berikut diuraikan secara jelas perbedaan Euro 4 dan Euro 5.

Euro 4

– Mulai berlaku 2005

– Adanya pengurangan signifikan dalam PM dan NOx di mesin diesel.

– Kendaraan dengan mesin diesel memndapatkan Diesel Particulate Filter (DPF) gar bisa menangkap 99% partikulat.

– Batas emisi bensin, CO bernilai1,00 g/km, HC bernilai 0,10 g/km dan NOx bernilai 0,08 g/km

– Batas emisi diesel, CO bernilai 0,50 g/km, HC+NOx bernilai 0,30 g/km, NOx bernilai 0,25 g/km dan PM bernilai 0,025 g/km.

Euro 5

– Mulai berlaku 2009

– Diesel Particulate Filter (DPF) digunakan oleh semua mobil diesel yang diperkenalkan.

-. Batas partikulat yang diperkenalkan digunakan untuk  mesin bensin direct injection.

– Batas emisi bensin, CO bernilai 1,00 g/km, HC bernilai 0,10 g/km, NOx bernilai 0,06 g/km dan PM bernilai 0,005 g/km.

– Batas emisi diesel, CO bernilai 0,50g/km, HC+NOx bernilai 0,23 g/km, NOx bernilai 0,18 g/km dan PM bernilai 0,005 g/km.

Keunggulan Teknologi Euro 5

Keunggulan Teknologi Euro 5

PT Gaya Makmur Mobil meluncurkan FAW Truck Euro 5 sejak April 2022 untuk merespons berlakunya regulasi pemerintah terkait Standar Emisi Euro 4. Respon positif PT GMM meluncurkan FAW Truck Euro 5 ini patut diapresiasi. Bagaimana tidak, teknologi Euro 5 memiliki beberapa keunggulan yang perlu diketahui yang arahnya menuju ke teknologi ramah lingkungan. Berikut ada beberapa poin terkait keunggulan dari Teknologi Euro 5.

Keunggulan dari Euro 5 secara mendasar yakni emisi gas buang yang ramah lingkungan. Inilah yang bakal membuat angka polusi udara di Indonesia turun. Dalam proses pemakaian, suara mesin terdengar lebih halus. Lebih halusnya suara mesin ini juga didukung dengan kenyamanan karena minim adanya getaran berlebih. Tentu dengan kenyamanan Euro 5 ini disempurnakan dengan bahan bakar lebih efisiensi. Dengan keunggulan ini kehadiran Euro 5 akan benar-benar berikan dampak signifikan untuk lingkungan hidup di Indonesia.

Tak hanya keunggulan secara mendasar, Euro 5 juga dibekali teknologi-teknologi khusus seperti Fuel Filter Water Separator yang memiliki fungsi untuk menyarin, menyerap kotoran halus dan kandungan air di bahan bakar. Adanya filter baru ini bakal membuat mesin kendaran minim getaran bahkan cenderung halus. Lalu ada Multi Information Display (MID) yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi kepada pengemudi saat berkendara. Keunggulan khusus lainnya yakni Teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) dan AdBlue – Sistem SCR. Teknologi ini miliki fungsi untuk berikan suntikan cairan AdBlue ke aliran gas buang dari mesin. Alhasil, dari suntikan tersebut akan diperoleh Nitrogen dan uap air yang tentunya tidak bahaya untuk pengemudi.

Langkah Maju PT Gaya Makmur Mobil Luncurkan FAW Truck Euro 5

Langkah maju dan efektif benar-benar dilakukan oleh PT Gaya Makmur Mobil. Regulasi di Indonesia masih memakai Standar Emisi Euro 4, PT GMM memberikan langkah nyata yang inovatif dengan hadirkan FAW Truck Euro 5. PT GMM benar-benar memenuhi permintaan pasar kendaraan truck di Indonesia. PT GMM tidak tanggung-tanggung dalam meluncurkan Euro 5 dengan teknologi maju ramah lingkungan.

Teknologi Euro 5 ini sudah memenuhi kriteria yang ada pada Euro 4, sehingga telah sesuai persyaratan Euro 4 yang kini diterapkan pemerintah Indonesia. PT GMM senada untuk tekan angka polusi udara dengan teknologi Euro 5 sangat ramah lingkungan. Terlebih untuk masa depan, jika saja Pemerintah mengubah persyaratan terkait Standar Emisi Euro maka PT GMM sudah siap dengan teknologi Euro 5 yang sudah dipakai sekarang ini. Langkah yang mempertimbangkan ramah lingkungan, mematuhi aturan hingga senada dengan pemerintah untuk tekan angka polusi udara menjadi salah satu bentuk langkah efektif dari PT GMM dalam luncurkan FAW Truck Euro 5.

Produk FAW dan Unit yang Dijual

PT Gaya Makmur Mobil meluncurkan FAW Truck Euro 5 dengan teknologi ramah lingkungan. Langkah efektif ini membuat pengguna memperhatikan sepak terjang dari First Automobile Works (FAW). FAW adalah perusahaan pabrikan otomotif yang besar dan berasal Tiongkok. Perusahaan ini mempunyai kapasitas produksi tahunan lebih dari 3,5 juta unit. Adapun persentase pasar truck yang diproduksi oleh FAW lebih dari 20%, fakta tersebut membuat FAW sekarang menjelma sebagai pemimpin pasar terkait produksi truck dengan skala medium dan heavy.

Pabrikan otomotif ini memiliki banyak jenis kendaraan yang didistribukan di Indonesia melalui PT Gaya Makmur Mobil. Produk FAW ini terdapat 4 tipe kendaraan yang tersedia di pasaran. Berikut ada beberapa tipe kendaraan produksi dari FAW yang perlu diketahui.

1. Dump Truck 

Tipe kendaraan produk FAW pertama yang dipasarkan PT Gaya Makmur Mobil adalah Dump Truck. Dump Truck ini biasa digunakan untuk pekerjaan di bidang kontruksi hingga pertambangan. Spesifikasi konfigurasi Dump Truck antara lain 4×4, 6×4 dan 8×4 yang sudah disesuaikan dengan torsi mesin yang besar.

Berikut beberapa tipe Dump Truck yang dipasarkan PT Gaya Makmur Mobil.

Dump Truck FD340DT 6×4 (Euro2): Detail produk bisa di cek disini.

Dump Truck FD340DT 6×4 (Euro2)

Dump Truck HD380DT 8×4 (Euro2): Detail produk bisa di cek disini.

Dump Truck HD380DT 8×4 (Euro2)

Dump Truck FD280DT 6×4 (Euro2): Detail produk bisa di cek disini.

Dump Truck FD280DT 6×4 (Euro2)

Dump Truck FD290DT 6×4 (Euro5): Detail produk bisa di cek disini.

Dump Truck FD290DT 6×4 (Euro5)

2. Mixer Truck 

Tipe kendaraan produk FAW kedua yang dipasarkan PT Gaya Makmur Mobil adalah Mixer Truck. Mixer Truck ini telah dirancang dengan berbagai medan jalan yang beragam sehingga cocok untuk bermanuver dalam keadaan apapun. Konfigurasi dari Mixer Truck ini yakni 4×2 dan 6×4.

Berikut beberapa tipe Mixer Truck yang dipasarkan PT Gaya Makmur Mobil.

Mixer Truck FD280MT (Euro 2): Detail produk bisa di cek disini.

Mixer Truck FD280MT (Euro 2)

Mixer Truck DB130MT (Euro 2): Detail produk bisa di cek disini.

Mixer Truck DB130MT (Euro 2)

Mixer Truck DB290MT (Euro 5): Detail produk bisa di cek disini.

Mixer Truck DB290MT (Euro 5)

3. Tractor Head 

Tipe kendaraan produk FAW ketiga yang dipasarkan PT Gaya Makmur Mobil adalah Tractor Head. Tractor Head merupakan jenis kendaraan truck yang spesifikasi berupa sistem penggerak roda belakang dengan konfigurasi 4×2 dan 6×4. Adapun fungsi dari sistem penggerak roda belakang ini sebagai penarik trailer seperti heavy duty trailer, container trailers, tank trailers, ,cargo trailer, low bed trailer dan masih banyak lainnya. Tractor head ini memang digunakan untuk kebutuhan khusus untuk keperluan transportasi kargo, tambang, minya dan gas dan keperluan berat lainnya.

Berikut beberapa tipe Tractor Head yang dipasarkan PT Gaya Makmur Mobil.

Tractor Head FD336TH 6×4 (Euro2): Detail produk bisa di cek disini.

Tractor Head FD336TH 6×4 (Euro2)

Tractor Head FD420TH 6×4 (Euro2): Detail produk bisa di cek disini.

Tractor Head FD420TH 6×4 (Euro2)

Tractor Head FD350TH 6×4 (Euro2): Detail produk bisa di cek disini.

Tractor Head FD350TH 6×4 (Euro2)

Tractor Head DB300TH 4×2 (Euro 2): Detail produk bisa di cek disini.

Tractor Head DB300TH 4x2 (Euro 2)

Tractor Head FD290TH 6×4 (Euro5): Detail produk bisa di cek disini.

Tractor Head FD290TH 6×4 (Euro5)

Tractor Head FD550TH 6×4 (Euro5): Detail produk bisa di cek disini.

Tractor Head FD550TH 6×4 (Euro5)

Tractor Head FD460TH 6×4 (Euro5): Detail produk bisa di cek disini.

Tractor Head FD460TH 6×4 (Euro5)

Tractor Head DB290TH 4×2 (Euro5): Detail produk bisa di cek disini.

Tractor Head DB290TH 4×2 (Euro5)

4. Cargo Truck 

Tipe kendaraan produk FAW ketiga yang dipasarkan PT Gaya Makmur Mobil adalah Cargo Truck. Cargo Truck ini dibuat untuk khusus pemuatan kargo dengan berbagai ukuran. Adapun kargonya antara 20 feet dan 40 feet. Konfigurasi Cargo Truck ini yakni 4×4, 6×2, 6×4 dan 8×4.

Berikut beberapa tipe Tractor Head yang dipasarkan PT Gaya Makmur Mobil.

Cargo Truck DD130CG (Euro2): Detail produk bisa di cek disini.

Cargo Truck DD130CG (Euro2)

Cargo Truck FB240CG (Euro2): Detail produk bisa di cek disini.

Cargo Truck FB240CG (Euro2)

Cargo Truck FD280CT (Euro2): Detail produk bisa di cek disini.

Cargo Truck FD280CT (Euro2)

Cargo Truck HD380CG (Euro2): Detail produk bisa di cek disini.

Cargo Truck HD380CG (Euro2)

Cargo Truck FD290CG 6×4 (Euro5): Detail produk bisa di cek disini 

Cargo Truck FD290CG 6×4 (Euro5)

First Automobile Works (FAW)

First Automobile Works (FAW) adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Perusahaan asal Tiongkok sudah berkecimpung di bidang ini sejak 1853. FAW terkenal sebagai produsen mobil penumapng seperti bus dan truck dengan berbagai ukuran. Fakta menarik, FAW menjadi produsen mobil pertama di China. Kini FAW kian bertransformasi menjadi lebih baik dan bersifat global. Adapun produksi tahunan FAW sudah menyentuh angka lebih dari 3,5 juta unit.

FAW juga melebarkan sayap di Indonesia melalui PT Gaya Makmur Mobil (GMM). Kerja sama ini sudah terjalin sejak 2009. Adapun hubungan PT GMM dan FAW adalah segaai agen pemegang merek atau dikenal dengan istilah Sole Distributor FAW. Teknologi yang terus berkembang dan FAW menjadi salah satu perusahaan yang terus berinovatif membuat kerja sama dengan PT GMM terus berlanjut. PT GMM bergerak di sektor logistic, pertambangan, kehutanan serta konstruksi memasarkan produk berkualitas dari FAW yang bisa membantu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan di bidang yang telah disebutkan.

Layanan PT Gaya Makmur Mobil (GMM)

PT Gaya Makmur Mobil merupakan perusahaan yang bergerak di sektor konstruksi, logistic, pertambangan, perkebunan dan kehutan untuk penjualan truck. Truck yang dijual ini karena PT GMM menjadi Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) untuk FAW Truck di Indonesia. PT GMM  menghadirkan merek FAW ke Indonesia sejak 2009 dan hingga kini masih bekerja sama.

PT GMM menjual truck FAW dengan berbagai tipe yang ditawarkan. Lalu ada juga after sales service di mana pelayanannya meliputi:

1. Purna jual di produk truck

2. Ketersediaan suku cadang

3. Konsinyasi suku cadang

4. Progam pertukaran komponen

5. Garansi

6. Layanan 24/7

7. Kontrak layanan pemeliharaan

8. Layanan pelatihan mekanik & mengemudi.  

Langkah-langkah inovatif PT GMM ini sukses mencuri perhatian. PT GMM selalu ikut dalam ramaikan pasar heavy truck yang ada Indonesia. Terlebih keberadaan kendaraan terbaru Euro yang ramah lingkungan bisa menjadi unggulan. Produk PT GMM yakni Mobil Truck, Dump Truck, Tractor Head, Cargo Truck dan Truck Pasir memiliki banyak keunggulan bagi para penggunanya.  GMM memiliki keyakinan bisa memenuhi permintaan pasar terkait kebutuhan truck untukk ebutuhan Industri di sektor logistic, pertambangan, kehutanan serta konstruksi. Jaringan yang luas di berbagai kota besar seluruh Indonesia membuat PT GMM siap memberikan yang terbaik untuk keperluan pasar di sektor industri.

Kantor PT GMM: Jl. Lkr. Luar Barat, No.9, RT.14/RW.14, Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

www.gmmobil.com

GMM Care @ 1500-329

wa.me/+6282299999329

Kesimpulan

Kesimpulan dari langkah inovatif PT Gaya Makmur Mobil luncurkan FAW Truck Euro 5 yakni PT GMM benar-benar melakukan upaya yang tepat untuk merespons penerapan Standar Emisi Euro 4 di Indonesia. Melalui FAW Truck Euro 5, PT GMM bergerak sangat cepat dengan dibekali teknologi ramah lingkungan. Teknologi ramah lingkungan ini senada dengan tujuan pemerintah yakni menekan angka polusi udara.

Selain itu, PT GMM sebagai distributor tunggal FAW Truck sangat siap untuk memenuhi permintaan pasar terkait kebutuhan di sektor industry seperti konstruksi, logistik, pertambangan, perkebunan dan kehutanan. PT GMM sangat yakin bisa meramaikan pasar truck Indonesia dengan teknologinya yang sangat mumpuni. Adapun produk PT GMM seperti Mobil Truck, Dump Truck, Tractor Head dan Cargo Truck memiliki banyak keunggulan bagi para penggunanya.

Tulisan ini dibuat secara orisinil oleh Putra Marenda untuk diikutsertakan dalam GMM Kompetisi Menulis Blog – PT Gaya Makmur Mobil (Distributor Tunggal FAW Truck Indonesia) Unggah banner di Instagram: https://www.instagram.com/p/CjHzd0opKXn/ Unggah banner di Facebook: https://www.facebook.com/photo/?fbid=132002799587209&set=a.130758963044926

Langkah Inovatif PT Gaya Makmur Mobil Luncurkan FAW Truck Euro 5

REFERENSI:

https://gmmobil.com/

https://fawindonesia.com/

https://www.kompas.tv/article/228324/kenali-bahaya-emisi-gas-buang-kendaraan-bagi-kesehatan-tubuh

https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsip-berita/mengenal-standar-emisi-gas-buang-standar-eropa

https://kumparan.com/kumparanoto/belum-banyak-yang-tahu-ini-bedanya-standar-emisi-euro-4-euro-5-dan-euro-6-1szPx0RIYSx

https://kumparan.com/surya-pradana/keuntungan-menggunakan-bbm-euro-4-dan-euro-5