Begini Cara UKM Indonesia Dapat Meningkatkan Produktivitas Tempat Kerja

Begini Cara UKM Indonesia Dapat Meningkatkan Produktivitas Tempat Kerja

Perekonomian Indonesia sangat bergantung pada UKM. Mereka menyumbang sekitar 56% dari investasi industri dan 97% pekerjaan rumah tangga di negara ini.

Namun, UKM, seperti bisnis yang lebih besar, berjuang dengan masalah produktivitas tempat kerja yang rendah. Ini berlaku baik itu UKM yang baru memulai usaha online atau sudah menjalankan bisnis selama beberapa waktu.

Artikel ini akan berfokus pada pasar negara berkembang di mana UKM dapat dengan mudah menangkap pangsa pasar dan cara untuk membantu mereka meningkatkan produktivitas di tempat kerja, sehingga meningkatkan keuntungan mereka.

Pasar Berkembang di Indonesia

Ilustrasi diskusi pasar Indonesia

Indonesia dianggap sebagai salah satu ekonomi terkuat di Asia Tenggara. Faktanya, ini adalah ekonomi terbesar keenam belas di dunia, menurut sebuah laporan. PDB Indonesia terus meningkat sebesar 5,8% selama sepuluh tahun terakhir, dan diperkirakan akan menjadi ekonomi terkuat ketujuh di dunia pada tahun 2030.

Indikator ekonomi Indonesia yang kuat menjadikannya surga bagi investor, dan perusahaan domestik dan internasional berbondong-bondong untuk mengambil bagian. Tapi industri mana di Indonesia yang layak untuk diinvestasikan? Mari lihat.

1. E-Commerce

Pasar e-Commerce di Indonesia diperkirakan akan meningkat dalam beberapa tahun ke depan, seperti yang ditunjukkan oleh Statista Digital Markets Insights. Hampir 90% pengguna internet nasional – antara usia 16 dan 64 tahun – berbelanja online.

Pasar e-Commerce Indonesia yang memiliki gross market value (GMV) lebih dari USD 30 miliar pada tahun 2020, diproyeksikan tumbuh menjadi USD 83 miliar pada tahun 2025 karena adanya pergeseran perilaku konsumen yang dibawa oleh konsumen tech-savvy yang siap untuk membayar lebih untuk kenyamanan.

e-Commerce adalah pasar berkembang yang telah menyaksikan peningkatan penjualan dan pendapatan selama lebih dari satu dekade. Oleh karena itu, ini merupakan opsi ideal untuk UKM karena biaya penyiapannya juga rendah.

2. Pariwisata

Sektor lain yang berkembang di Indonesia adalah pariwisata. Menurut World Travel and Tourism Council (WTTC), industri pariwisata Indonesia diperkirakan tumbuh 10% per tahun. Itu dua kali lipat tingkat pertumbuhan ekonomi 5,1% yang diharapkan secara keseluruhan.

Perkiraan tersebut juga menunjukkan bahwa selama sepuluh tahun ke depan, industri perjalanan dan pariwisata diperkirakan akan menambah lebih dari 500.000 pekerjaan baru setiap tahunnya, dengan lebih dari 16 juta orang bekerja di industri tersebut pada tahun 2023.

UKM dapat dengan mudah memasuki pasar ini karena investasi awal yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi dan potensi keuntungannya tinggi.

3. Manufaktur

Dibandingkan dengan negara tetangga lainnya, sektor manufaktur Indonesia menyumbang lebih dari 20% PDB negara. Ini akan berubah karena ekspor diperkirakan akan meningkat secara signifikan di tahun-tahun mendatang. Pada tahun 2030, pemerintah ingin Indonesia masuk dalam peringkat 10 besar ekonomi dunia, dengan manufaktur sebagai industri utamanya.

Industri otomotif dianggap penting dan menyumbang lebih dari 10% dari PDB, yang berbicara sendiri di antara industri penting lainnya seperti mengekspor minyak bumi, tekstil, dan elektronik.

Investor perlu memperhatikan pasar energi terbarukan yang berkembang di Indonesia karena masih ada kemungkinan besar untuk pertumbuhan di bidang ini. Pada tahun 2025, 23% konsumsi nasional diharapkan berasal dari sumber terbarukan, naik dari pangsa 12% saat ini.

4. Industri Infrastruktur Fisik

Infrastruktur fisik yang lebih baik memberi investor peluang besar untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Selain itu, infrastruktur yang baik dapat mempercepat pembangunan ekonomi negara mana pun, yang merupakan alasan kuat mengapa infrastruktur saat ini menjadi pasar yang berkembang di Indonesia.

Yang disebutkan di atas adalah empat industri yang paling berkembang di Indonesia. Karena statistik menunjukkan persentase pertumbuhan yang baik di tahun-tahun mendatang, bisnis ini akan semakin berkembang dan membantu memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia.

Karena kemajuan teknologi, usaha kecil dan menengah kini memiliki kekuatan untuk bersaing dengan bisnis yang lebih besar di industri yang sedang berkembang. Tetapi karena mereka tidak dapat bersaing dalam hal modal, mereka harus fokus pada produktivitas di tempat kerja untuk memastikan kesuksesan mereka.

Bagaimana Produktivitas Tempat Kerja UKM Dapat Membantu Meningkatkan Perekonomian Indonesia?

Mari kita lihat beberapa langkah yang dapat dilakukan UKM untuk meningkatkan produktivitas tempat kerja mereka:

1. Teknik Pomodoro

Pomodoro adalah kata Italia untuk tomat. Ini adalah teknik manajemen waktu populer yang diusulkan Francesco Cirillo setelah berjuang untuk terus fokus pada tugas tertentu. Teknik ini membantu meningkatkan produktivitas di tempat kerja dengan memecah tugas besar menjadi bagian-bagian kecil dan menyertakan istirahat singkat untuk meningkatkan konsentrasi yang berkelanjutan dan menghilangkan kelelahan mental.

Teknik ini terutama didasarkan pada tiga aturan:

  • Uraikan tugas yang rumit
  • Gabungkan dua tugas kecil atau sederhana
  • Setelah Pomodoro disetel, Pomodoro harus dijalankan

Selain meningkatkan produktivitas, ada banyak keuntungan menerapkan teknik ini di tempat kerja Anda:

  • Membuat tugas tidak terlalu rumit
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerja
  • Mencegah kelelahan mental
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Memudahkan pelaksanaan rencana

2. Gunakan Alat Kolaborasi yang Efektif

Penggunaan teknologi kolaborasi di tempat kerja dengan cepat berkembang menjadi standar baru dan menjadi konstan. Proyek tertentu membutuhkan berbagai masukan dari anggota tim yang berbeda secara real-time. Menggunakan alat semacam itu memudahkan semua anggota untuk berkolaborasi dalam berbagai proyek kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga :  President Jokowi, First Lady Arrive in Washington DC

Memberikan kebebasan kepada tim untuk berkolaborasi meningkatkan produktivitas di tempat kerja dan efisiensi kerja karyawan. Alat-alat ini juga memastikan bahwa setiap orang mendapat informasi, mempercepat operasi, dan meningkatkan efektivitas proses.

Ada banyak alat kolaborasi yang tersedia di pasaran, dan sebagian besar alat ini gratis; Misalnya:

  • Google Dokumen

Google Documents adalah alat untuk kolaborasi grup. Dokumen teks dapat dibuat dan diedit langsung di browser web Anda; tidak diperlukan perangkat lunak lain. Lebih baik lagi, Anda dapat berkolaborasi dengan banyak orang secara bersamaan, melihat perubahan saat dibuat, dan setiap perubahan disimpan secara otomatis.

  • Kendur

Slack adalah teknologi yang digunakan banyak perusahaan untuk menjaga alur kerja yang konsisten. Ini adalah alat komunikasi tim yang dapat digunakan UKM untuk mempromosikan lingkungan tempat kerja yang efisien. Dibandingkan dengan email biasa, Slack memudahkan untuk melacak berbagai percakapan dan memungkinkan komunikasi waktu nyata. Selain itu, Slack menawarkan saluran yang berbeda, sehingga semuanya tetap teratur.

3. Aplikasi Pelacakan Sasaran dan Pencapaian Pencapaian

Dengan mengingatkan anggota tim tentang apa yang harus mereka lakukan dan menunjukkan seberapa banyak kemajuan yang telah dibuat, aplikasi pelacakan tujuan membantu tim mencapai tujuan mereka. Di sisi lain, tonggak adalah momen tertentu dalam siklus hidup proyek yang digunakan untuk mengukur kemajuannya menuju tujuan akhirnya. Ada banyak aplikasi untuk mencatat pencapaian dan menetapkan tujuan.

 

Beberapa aplikasi terkemuka tercantum di bawah ini:

 

  • Trello

Trello membantu mengelola banyak tugas yang mencakup banyak proyek. Melihat siapa yang bertanggung jawab atas apa yang ada di tim Anda sangat bagus untuk tenaga kerja terdistribusi. Fungsi utama Trello sebagai papan buletin berbasis web untuk mengelola proyek terdistribusi adalah ide yang relatif mudah.

  • Asana

Asana adalah platform untuk menangani banyak tugas, memprioritaskannya, dan meningkatkan produktivitas tim. Setiap orang dapat memahami bagaimana pekerjaan sehari-hari berkaitan dengan tujuan tim dengan menetapkan dan melacak tugas di Asana. Dengan demikian, anggota tim akan dapat mengatur waktu mereka dengan lebih baik dan memprioritaskan tugas mereka untuk memenuhi tenggat waktu.

4. Menggunakan Aplikasi Pelacakan Waktu

Aplikasi pelacakan waktu membantu bisnis melacak pekerjaan mereka secara lebih detail dan meningkatkan rasa produktivitas mereka. Ini membantu mereka meminimalkan penjelajahan yang menganggur dan berhenti menghabiskan waktu berlebihan untuk gangguan. Ini membantu UKM meningkatkan produktivitas di tempat kerja dan mengidentifikasi potensi mereka. Mari kita lihat dua contoh:

  • Time Dokter

Time Doctor melacak semua aktivitas hari kerja, membantu perusahaan dengan mudah melihat bagaimana waktu dihabiskan setiap hari dan dengan cepat mengidentifikasi di mana sumber daya dan peningkatan diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

  • Connecteam

Connecteam adalah aplikasi pelacakan waktu yang melacak jam kerja karyawan dan mengelola lembar waktu secara efisien. Selain itu, ia menawarkan opsi pelacakan waktu khusus pekerjaan, proyek, dan klien yang berarti Anda tidak perlu menanganinya secara manual, yang menghemat waktu dan tenaga Anda yang berharga.

5. Aplikasi Pemblokir Media Sosial

Hampir 77% karyawan menggunakan media sosial di tempat kerja, yang berdampak buruk pada produktivitas tempat kerja mereka. Namun, aplikasi pemblokiran media sosial dapat digunakan sebagai media untuk membatasi karyawan agar tidak membuang-buang waktu selama jam kerja.

Mari kita lihat contoh salah satu aplikasi tersebut.

  • Xnspy

Xnspy adalah aplikasi pelacak ponsel yang membantu memblokir platform media sosial untuk mencegah penggunaan situs dan aplikasi media sosial di tempat kerja, sehingga sangat meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Ini memberi pemberi kerja peringatan tentang aktivitas online karyawan mereka, situs media sosial apa yang mereka gunakan, dan berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk itu. Aplikasi ini memberi pemilik bisnis akses jarak jauh untuk mengontrol perangkat majikan kapan saja dari mana saja.

Aplikasi pelacakan karyawan untuk Android ini memiliki portal online yang dirancang untuk mengelola aktivitas media sosial karyawan dengan mudah. Ini memberikan opsi seperti pemblokiran aplikasi, di mana Anda dapat memblokir aplikasi apa pun yang tersedia di telepon dari jarak jauh.

UKM Harus Fokus Pada Produktivitas Tempat Kerja Untuk Memastikan Pertumbuhan!

Produktivitas di tempat kerja sangat penting, terutama saat mendirikan bisnis baru atau meningkatkan bisnis Anda yang sudah ada. UKM di Indonesia selanjutnya dapat membantu PDB negara dengan meningkatkan etos kerja karyawan dan meningkatkan produktivitas mereka.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan produktivitas tempat kerja Anda. Namun, menerapkan sistem baru dengan segera dapat membalikkan seluruh lingkungan kerja. Ada kurva pembelajaran dan adaptasi yang terlibat dengan semua sistem baru.

Oleh karena itu, masuk akal untuk mentransisikan tim Anda ke sistem baru dengan lancar. Pastikan untuk memberi tahu staf Anda sebelumnya tentang teknologi baru apa pun yang ingin Anda gunakan sehingga mereka siap dan dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan situasi baru.

Tentang Penulis

memora.id
memora.id
Please be memorable with us